Beberapa jenis Insecure yang Biasa Terjadi, Bukan Hanya Tubuh Saja!

Beberapa jenis Insecure yang Biasa Terjadi, Bukan Hanya Tubuh Saja!

Beritarahasia.com¬†–¬†Beberapa jenis Insecure yang Biasa Terjadi, Bukan Hanya Tubuh Saja! Hai sahabat nini semuanya, Insecure adalah sebuah perasaan yang cemas, ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa tidak aman. Akibatnya, orang yang insecure bisa saja merasa cemburu, selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya, atau bahkan membandingkan dirinya dengan orang lain.

Perasaan tidak aman atau insecure merupakan hal yang normal terjadi. Namun, pada sebagian orang, perasaan insecure ini terjadi terus-menerus. Jika perasaan tersebut tidak ditangani, dapat timbul gangguan lain, seperti masalah di hubungan sosial hingga pekerjaan.

Insecure juga bisa muncul yang mengakibatkan pengalaman yang buruk, Salah dengan cara pandang, memiliki kepribadian melankolis, atau sifat perfeksionis. Untuk menangani beberpa kondisi ini, seseorang itu juga bisa belajar untuk membangun self-esteem atau berkonsultasi kepada dokter untuk mengenai penanganan yang tepat sesuai kondisi kesehatannya.

Dan di bawah ini ada beberapa jenis-jenis Insecure yang biasa terjadi. sebagai berikut yang ada di bawah ini.

Insecure pada tubuh

Sebagian orang, khususnya perempuan yang merasa insecure, tidak nyaman atau gak PD dengan penampilan fisik yang dimilikinya. Termasuk di sini adalah bentuk tubuh, berat badan, tinggi badan, atau bagian tubuh tertentu.

Mereka merasa insecure karena merasa tidak memiliki citra tubuh ideal seperti yang dimiliki tokoh idolanya. Beberapa bahkan ada yang pernah dihakimi secara negatif dan dianggap jelek (body shaming). Penilaian orang lain tersebutlah yang membuat seseorang merasa insecure terhadap citra tubuhnya.

Insecure dalam hal keuangan

Banyaknya orang yang suka pamer di media sosial atau yang biasa disebut flexing, kadang bisa bikin orang yang melihat jadi insecure. Kamu jadi mulai membandingkan aset yang kamu miliki dengan apa yang dimiliki orang lain.

Kamu beranggapan bahwa semakin banyak aset yang dimiliki, maka semakin berharga diri kamu di mata orang lain. Saling membandingkan diri secara material itulah yang menjadi penyebab timbulnya financial insecurity.

Insecure dalam bersosialisasi

Biasanya yang sering mengalami social insecurity adalah orang tipe introvert atau yang memiliki karakter pendiam/pemalu. Mereka takut bersosialisasi, merasa gak nyaman atau gak PD jika bertemu orang banyak atau dengan orang yang baru dikenal.

Belum apa-apa sudah membayangkan skenario terburuk, takut dijauhi karena membosankan. Rasa insecure itu perlahan mendorong untuk memilih menjauh dari lingkungan sekitar. Padahal belum tentu apa yang kamu pikirkan itu akan terjadi.

Insecure terhadap relasi dengan orang lain

Orang dengan perasaan insecure sulit menumbuhkan rasa percaya pada orang lain. Ia akan mudah curiga, cemburu dan berprasangka buruk pada orang lain. Hidupnya penuh dengan tekanan, tidak tenang dan selalu memikirkan skenario terburuk, padahal semua yang ada di pikirannya tidak ada di kehidupan nyata.

Mengutip Bonobology, sebagian besar kasus dipicu karena trauma masa lalu, rasa percaya diri yang rendah dan takut akan penolakan. Kenali dulu penyebab rasa insecure tersebut, agar lebih mudah mengatasinya.

Nah, Demikianlah ketika kalian masih saja merasa memiliki salah satu jenis dari insecure yang di atas, cobalah untuk menerima jati dirimu secara utuh. Karena semua orang mempunyai kekurangan dan kelebiha nya masing-masing. semoga bermanfaat, sekian dari mimi (Terima kasih)

Tinggalkan Balasan