Kenapakah Kalaw Rokok Itu Akan Menyebabkan Kanker? Sebagi Berikut Penjelasanya!

Kenapakah Kalaw Rokok Itu Akan Menyebabkan Kanker? Sebagi Berikut Penjelasanya!

Beritarahasia.com¬†–¬†Kenapakah Kalaw Rokok Itu Akan Menyebabkan Kanker? Sebagi Berikut Penjelasanya! Hallo guys bertemu lagi bersama mimi. tahukah kalian Di negara kita tersebut, Dari hasil survei pada global dalam penggunaan akan tembakau pada usia dewasa (Global Adult Tobacco Survey/GATS) yang sudah dirilis oleh Kementerian Kesehatan melibatkan 9.156 responden. Dari data tersebut, selama kurun waktu 10 tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah perokok dewasa dari 60,3 juta orang pada tahun 2011 meningkat sebanyak 8,8 juta orang menjadi 69,1 juta orang pada tahun 2021.

Kenapakah Kalaw Rokok Itu Akan Menyebabkan Kanker? Sebagi Berikut Penjelasanya!

Rasa dari sebagian besar orang tahu bahwa merokok juga akan dapat menyebabkan pada kesehatan tubuh tersebut, Akan ditambah lagi pada kemasan rokok juga sudah disertai dari peringatan. Kebiasaan merokok yang akan dapat memicu berbagai masalah kesehatan tersebut, termasuk kanker. Mengapa rokok itu bisa menyebabkan kanker? Ayo kita langsung saja simak di bawah ini.

Berikut penjelasannya yang ada di bawah ini!

Rokok

Produk tembakau, termasuk rokok, merupakan penyebab kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, asap rokok yang ikut terhirup juga berbahaya bagi orang lain di sekitar perokok yaitu perokok pasif.

Rokok merupakan penyebab beberapa jenis kanker, di antaranya kanker paru-paru, kanker esofagus, kanker mulut, kanker laring, kanker hati, kanker ginjal, dan masih banyak lagi. Karena memiliki berbagai efek negatif bagi tubuh, maka tidak ada batas aman penggunaan rokok.

Bahan kimia yang berbahaya pada rokok

Asap dari produk tembakau termasuk rokok mengandung banyak zat kimia di dalamnya. National Cancer Institute menjelaskan, diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahan kimia, yang mana 250 di antaranya diketahui berbahaya bagi tubuh misalnya karbon monoksida, hidrogen sianida, dan amonia.

Dari 250 bahan kimia berbahaya pada asap rokok, setidaknya ada 69 bahan kimia yang dapat memicu kanker. Bahan kimia pemicu kanker antara lain asetaldehid, arsenik, kadmium, dan benzena. Maka dari itu, meskipun hanya menghirup sedikit asap rokok tetap berbahaya bagi tubuh.

Bahaya merokok

Perokok berisiko tinggi mengembangkan penyakit pada pernapasan seperti penumonia, tuberkulosis, dan infeksi saluran napas lainnya. Dilansir Cancer Research UK, bahan kimia berbahaya pada asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, tetapi juga seluruh tubuh.

Selain dapat menyebabkan kanker, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), osteoporosis, hingga katarak. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan inflamasi dan menurunkan sistem imun.

Mengapa rokok menyebabkan kanker?

Asap rokok mengandung berbagai bahan kimia. Bahan kimia tersebut terhirup sehingga masuk ke paru-paru dan dapat memengaruhi organ tubuh lainnya.

Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, termasuk merusak bagian DNA yang melindungi dari kanker. Ada pula bahan di dalam rokok yang menyebabkan sel kesulitan untuk memperbaiki kerusakan DNA yang terjadi.

Adanya racun pada asap rokok juga dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga sistem imun semakin kesulitan melawan sel kanker. Akibatnya, sel kanker dapat terus berkembang. Adanya kerusakan DNA yang terus berlanjut memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk kanker. Berbagai bahan kimia dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, mempersulit sel dalam memperbaiki kerusakan DNA yang terjadi, dan melemahkan daya tahan tubuh sehingga sistem imun makin kesulitan melawan sel kanker. Berhenti merokok dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker.

Nah, Itulah beberap hal yang harus kalian ketahui tentang bahayanya rokok tersebut. Semoga bermanfaat, sekian dari mimi (Terima kasih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan