Beberapa Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Agar Kembali Semula

Beberapa Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Agar Kembali Semula

Beritarahasia.com¬†–¬†Beberapa Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Agar Kembali Semula. Kalin semua itu pasti yang akan pernah mengalami kipas laptop yang sangat berisik dan bergerak lebih cepat dari seperti biasanya. Namun sih biasanya, Salah satu suara bising seperti hal itu yang tidak mengganggu. Tetapi, kalau kipas laptop itu sudah berbunyi dengan secara konstan dan yang pastinya juga akan sangat mengganggu kalaw kalian akan menggunakan laptop tersebut. Situasi yang di mana kipas laptop itu sangat berisik ini menandakan bahwa laptopmu sedang tidak baik-baik saja.

Sahabat tidak pelru khawatur . Yang pastinya, Dengan masalah tersebut juga akan bisa kalian atasi dengan mencari sumber masalah yang akan menimbulkan kipas yang berisik tersebut dan, setelahnya kalian juga bisa mengatasi hal tersebut. Cara untuk mengatasi kipas laptop yang berisik ternyata tidak sulit, lho. kalian untuk bisa ikuti langkah-langkah yang akan dipaparkan. Sebelum itu, yuk kenali beberapa sebab-sebab kipas laptop berisik berikut yang ada di bawah ini.

Periksa Suhu Laptop

Kalian hanya saja butuh informasi yang lebih akurat lagi lain hal nya hanya untuk yang mengenai suhu pada laptop kalian kalian juga hanya bisa gunakan dalam aplikasi dalam pengukur suhu Yang seperti RealTemp tersebut. Aplikasi saat ini juga dapat melacak suhu prosesor hanya tanpa perlu kalian membongkar laptop. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa mengecek hardware dan kinerja pada sistem laptop dengan membuka Task Manager.

Kamu bisa gunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Setelah dengan menu yang terbuka, pilihlah performa tab untuk kalian melihat sumber dari kondisi prosesor, ruang penyimpanan dan RAM yang akan digunakan pada laptop itu tersebut. Jika pada suhu laptop yang akan mencapai 100% ini juga bahwa pertanda bahwa laptop juga memerlukan perawatan dan perlu peningkatan hardware dan softwarenya tersebut.

Defrag

Suara yang berisik yang telah timbul dari beberapa kipas dari laptop bisa jadi akan disebabkan oleh dari beban kerja pada prosesor yang terlalu berat. Hanya untuk menurunkan kecepatan kerja kipas pada laptop kalian juga bisa mendefrag laptop.

Mendefrag sistem laptop secara rutin dalam sebulan sekali atau lebih bisa memelihara pada performa laptop sehingga kita bisa bekerja dengan lebih optimal. Cara ini juga bisa memberikan penyegaran bagi HDD dan RAM yang kalian gunakan pada laptop.

Olesi CPU dengan Pasta Thermal

Bisa menjaga dengan prosesor tetap dingin dan sehingga kalian juga bisa terus bisa bekerja dengan baik, laptop yang sudah dilengkapi dengan pendingin yang pada umumnya akan menempel bagian samping kipas. Nah, pendingin tersebut juga bisa saja habis seiring dengan waktu.

Dengan pendingin yang bisa dimaksud disebut dengan pasta thermal. Pendingin ini juga berbentuk pasta yang akan digunakan untuk menyalurkan panas yang dihasilkan ketika laptop itu digunakan dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan pasta thermal perpindahan suhu panas dari prosesor ke HSF menjadi tidak lah sempurna.

Hal tersebut juga akan menyebabkan CPU tersebut menjadi sangat cepat panas dan komputer itu ujung-ujungnya akan mati sendiri karena terlalu panas. Maka dari itu, keberadaan pasta thermal sangat lah penting pada agar CPU kalian akan tetap dingin.

Tingkatkan OS

Supaya kipas angin kalian tidak berisik dan ketika ingin digunakan, kalian juga bisa menginstal OS yang lebih tinggi dari OS yang akan digunakan pada sebelumnya. Menginstal OS terbaru juga dapat meningkatkan performa dari laptop sehingga laptop bisa digunakan dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, Tingkat suara yang berisik dengan kipas bisa dikurangi dan kipas juga bisa bekerja tanpa bebas yang lebih tinggi. Maka dari itu kalian tidak akan pernah lagi untuk mendengar dari suara yang berisik dari kipas laptop ketika sedang menggunakannya itu.

Gunakan Software Pengukur Kecepatan Kipas

Seperti yang bisa dilansir dari Windows Report tersebut, Untuk memasang aplikasi dari pengukur kecepatan kipas laptop dapat menjaga kecepatan kipas laptop agar bisa tetap terkendali lagi. Salah satu software yang bisa kalian gunakan adalah SpeedFan. Pada aplikasi ini kalian juga bisa mengatur kecepatan pada kipas laptop tersebut.

Driver hardware yang akan dipasang dalam keadaan default juga sering kali membuat kipas bekerja lebih dari yang ingin dibutuhkan. Hal tersebut juga akan menyebabkan laptop kalian sangat berisik dan mengganggu kenyamanan kalian. Dengan adanya software hal tersebut juga akan bisa mendeteksi perubahan tidak lazim yang dialami laptop kalian.

Nah, untuk melakukan pengecekan dan perawatan berkala bisa memperpanjang usia pemakaian laptop. Jadi, jangan malas mengecek kondisi laptop yah guys. semoga bermanfaat, sekian dari mimi(Terima kasih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan