10 Cara Agar Baterai HP Awet dan Anti Rusak

10 Cara Agar Baterai HP Awet dan Anti Rusak

1.Hindari menggunakan HP saat sedang mengisi daya (charge)

Beritarahasia.com – Menggunakan HP saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai. Temperatur berpengaruh terhadap daya hidup baterai, sehingga apabila temperatur tinggi maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat.

Maka dari itu, cara agar baterai HP awet salah satunya dengan menahan diri untuk tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya. Selain itu, temperatur HP juga bisa naik ketika Sahabat menaruh HP di bawah bantal atau material isolator lain saat sedang mengisi daya, meletakkan HP di dasbor mobil saat panas, serta meletakkan HP yang sedang diisi daya di atas mesin atau alat elektronik lainnya.

2.Menjaga siklus pengisian daya

Banyak yang beranggapan bahwa baterai HP cepat boros karena mengisi daya baterai semalaman. Padahal, hal tersebut kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar smartphone karena saat ini smartphone sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh.

Sebagai gantinya, Sahabat bisa melakukan cara agar baterai HP awet dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya, Sahabat bisa mengisi daya HP saat baterainya sudah 40% dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80%. Selain sebagai cara agar baterai HP awet, cara ini juga untuk menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya.

3.Gunakan low power mode atau battery saving mode

Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur low power mode atau battery saving mode yang berguna sebagai salah satu cara agar baterai HP awet dan tahan lama. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background HP. Biasanya fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual sehingga Sahabat perlu memastikannya sendiri melalui pengaturan pada masing-masing HP.

4.Matikan auto download atau update

Auto download adalah fitur yang otomatis dapat meng-upgrade aplikasi saat ada update dari pusat dan hal tersebut akan menyedot daya baterai lebih besar. Maka dari itu, sebagai salah satu cara agar baterai HP awet, sebaiknya Sahabat non-aktifkan fitur auto download ini untuk mempertahankan daya baterai agar lebih tahan lama.

Selain itu, Sahabat juga bisa melakukan cara agar baterai HP awet dengan menyalakan auto update hanya melalui WiFi. Saat terhubung dengan WiFi, smartphone Sahabat akan terkunci pada jaringan itu saja sehingga penggunaan sistem dan baterai jadi lebih hemat. Selain sebagai cara agar baterai HP awet, trik ini juga bisa membantu Sahabat untuk menghemat kuota lho.

5.Atur kecerahan layar HP

Cara agar baterai HP awet yang selanjutnya yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar HP ke yang paling rendah. Sebab, visual yang muncul pada layar akan memengaruhi daya baterainya. Agar semakin hemat baterai, Sahabat juga bisa mengatur time sleep ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misalnya 1 menit.

6.Aktifkan mode pesawat jika tidak digunakan

Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode juga efektif sebagai salah satu cara agar baterai HP awet lho. Saat menggunakan jaringan WiFi, Sahabat bisa aktifkan mode pesawat atau airplane mode, terutama saat tidak membutuhkan fasilitas dari sim card, seperti SMS atau telepon menggunakan pulsa.

7.Jangan biarkan HP overheat

Cara agar baterai HP awet yang lainnya yaitu hindari membiarkan HP sahabat dalam keadaan yang terlalu panas alias overheat. HP akan overheat jika digunakan secara terus menerus, apalagi jika dibuat untuk bermain game dengan grafis HD yang cukup tinggi. Supaya tidak overheat, cobalah gunakan HP dengan bijak.

8.Lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi

Tahukah Sahabat ternyata penggunaan aplikasi lokasi secara terus menerus berpotensi membuat baterai HP cepat habis, sehingga Sahabat jadi sering mengisi ulang daya baterainya. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama, maka baterai HP pun akan lebih boros. Untuk itu, cara agar baterai HP awet yaitu dengan lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi. Sebaiknya Sahabat matikan fitur lokasi saat tidak menggunakannya.

9.Gunakan wallpaper statis

Cara agar baterai HP awet yang tak kalah penting yaitu menggunakan wallpaper yang statis. Artinya, wallpaper yang visualnya tidak bergerak seperti live atau video. Penggunaan live wallpaper di smartphone memang membuat tampilan layar semakin keren, tetapi juga membuat baterai cepat habis. Maka dari itu, mulai sekarang yuk Sahabat ubah wallpaper-nya menjadi yang statis.

10.Matikan notifikasi yang kurang penting

Mematikan notifikasi yang kurang penting juga menjadi salah satu cara agar baterai HP awet yang bisa Sahabat lakukan. Dengan mematikan notifikasi, kemungkinan Sahabat lebih jarang melihat smartphone. Sebab, jika semua notifikasi muncul dan berbunyi, Sahabat pasti ketagihan untuk membuka smartphone tersebut. Sahabat bisa menyalakan notifikasi yang dianggap penting saja, sementara notifikasi lainnya lebih baik dimatikan. Dengan begitu, cara agar baterai HP awet ini bisa membantu Sahabat untuk mengurangi penggunaan baterai supaya tidak boros.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan