5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Wajah Akibat Kosmetik

5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Wajah Akibat Kosmetik
5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Wajah Akibat Kosmetik

Beritarahasia – 5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Wajah Akibat Kosmetik. Pemakaian kosmetik seperti make-up dan skin care bagi wanita kini sangat diperlukan untuk perawatan dan kecantikan diri. Namun, ada kalanya kosmetik yang digunakan tidak cocok dengan kulit wajah.

Ada banyak produk kosmetik yang dapat mengiritasi kulit wajah karena bahan-bahannya tidak cocok dengan jenis kulit, yang menyebabkan beberapa gejala yang dirasakan penderitanya. Penggunaan berulang produk yang menyebabkan iritasi dapat memperparah gejala ini.

Lantas, bagaimana cara mengatasi iritasi kulit wajah akibat kosmetik?

Jika sobat mengalami salah satu gejala iritasi kulit wajah, penting untuk tidak panik dan memeriksakan diri ke dokter atau melakukan beberapa langkah, antara lain:

  • Jika wajah perih, gatal atau memerah setelah menggunakan kosmetik. Sobat bisa langsung membasuh wajah dengan air dingin atau menggunakan kompres dingin untuk meredakan nyeri.
  • Oleskan krim hidrokortison 1% yang dijual bebas untuk meredakan gatal.
  • Minum antihistamin oral untuk membantu mengatasi rasa gatal yang dialami.
  • Hentikan penggunaan produk untuk mempercepat penyembuhan.
  • Untuk reaksi yang lebih parah, temui dokter kulit. Sobat bisa mencari obat lain untuk mengurangi iritasi. Namun, dokter biasanya meresepkan krim kortikosteroid topikal atau obat steroid oral untuk mengurangi peradangan.

Cara menyembuhkan kulit setelah iritasi

5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Wajah Akibat Kosmetik

Begitu kulit mengalami peradangan, penting untuk menyembuhkannya dan membuat kulit kembali sehat. Berikut lima cara menyembuhkan kulit setelah iritasi, menurut bebeatiful.in:

  1. Hentikan penggunaan produk

Seringkali wanita tidak mengetahui produk kosmetik apa yang mengiritasi wajah mereka, sehingga mereka menggunakan produk tersebut berulang kali. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui produk apa saja yang menyebabkan iritasi pada wajah.

Kosmetik yang biasanya mengandung alkohol, bahan aktif yang kuat seperti retinol, pewarna buatan dan wewangian merupakan penyebab utama iritasi kulit.

Patuhi prinsip-prinsip seperti membersihkan dan melembabkan dua kali sehari, dan hindari perawatan wajah dan kosmetik yang menenangkan kulit.

  1. Gunakan pembersih wajah hipoalergenik

Jika kulit sudah terlanjur iritasi, Sobat sebaiknya tidak menggunakan sabun yang keras karena bisa memperparah iritasi kulit. Coba gunakan sabun pelembab hipoalergenik, ringan dan menghindari saat kulit dalam masa pemulihan. Menggunakan bahan-bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Fokus pada skin barrier

Iritasi wajah akibat produk perawatan kulit bisa merusak lapisan atas kulit.

Gunakan produk yang mengandung asam hialuronat, squalene dan ceramide untuk membantu memperbaiki lapisan atas kulit dan memulihkan skin barrier.

  1. Gunakan calming gel

Gunakan produk calming gel untuk menenangkan kulit saat sedang iritasi dan sedang dalam masa penyembuhan. Oleskan gel yang menenangkan dan mendinginkan seperti lidah buaya untuk menutrisi dan melembabkan kulit, terutama di malam hari.

  1. Lanjutkan memantau kulit selama beberapa hari

Setelah melakukan keempat langkah di atas, perhatikan dan amati perkembangan kulit selama beberapa hari ke depan. Jika iritasi yang dihasilkan berlanjut, temui dokter kulit untuk mendapatkan obat yang dapat membantu meredakan iritasi.

Hindari iritasi kulit yang berkepanjangan, karena iritasi dapat memburuk jika tidak segera ditangani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan