7 Makanan yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Jadi Penyebab Radang Usus Buntu

7 Makanan yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Jadi Penyebab Radang Usus Buntu
7 Makanan yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Jadi Penyebab Radang Usus Buntu

Beritarahasia – 7 Makanan yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Jadi Penyebab Radang Usus Buntu. Radang usus buntu bisa dipicu oleh asupan makanan. Beberapa makanan, meskipun enak, sebenarnya dapat menyebabkan penyakit usus buntu.

Apabila organ ini meradang, maka disebut apendisitis.

Bacaan Lainnya

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan radang usus buntu antara lain infeksi cacing atau parasit, obstruksi tinja, trauma perut, dan pembengkakan kelenjar getah bening di dinding saluran pencernaan.

7 Makanan yang Rasanya Enak, Tapi Bisa Jadi Penyebab Radang Usus Buntu

Makanan tertentu juga dapat memicu peradangan usus buntu. Dianjurkan untuk lebih memperhatikan pola makan Anda di masa depan.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan radang usus buntu, menurut berbagai sumber.

Produk Daging Olahan

Daging olahan rendah serat dapat memicu radang usus buntu. Serat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Mengkonsumsi makanan rendah serat sangat meningkatkan kemungkinan gangguan pencernaan dan peradangan usus buntu.

Produk daging olahan termasuk nugget, sosis dan bakso. Mereka lezat, tetapi kita perlu makan dengan lebih bijak.

Makanan yang Gigoreng

Menikmati kopi atau teh di sore hari dilengkapi dengan kehadiran gorengan, alias camilan gorengan. Penting untuk dicatat bahwa kenikmatan ini bisa menjadi masalah, karena makanan yang digoreng dan gorengan lainnya dapat memicu radang usus buntu.

Mengapa? Makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi dan dapat mengiritasi sistem pencernaan.

Pasien yang menderita radang usus buntu dan pasien pasca-operasi harus menghindari makan makanan yang tinggi lemak karena sulit dicerna.

Biji-Bijian

Biji-bijian, makanan yang bisa menjadi penyebab radang usus buntu
Biji-bijian, makanan yang dapat mengakibatkan penyakit usus buntu

Sereal adalah jenis makanan yang sulit dicerna di dalam usus. Karena tidak mudah dicerna, makanan mengendap di usus. Karena menumpuk, endapan makanan mengeras dan menutupi rongga usus buntu, menyebabkan peradangan.

Makanan Pedas

Ketika saluran pencernaan terganggu, makanan pedas biasanya menjadi akibatnya. Namun demikian, makanan pedas juga ditemukan sebagai salah satu makanan yang menyebabkan radang usus buntu, meskipun secara tidak langsung.

Makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di antara tulang dada dan pusar serta mual. Nyeri ini sering disalahartikan sebagai radang usus buntu atau usus buntu yang pecah.

Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, domba dan babi dapat memicu radang usus buntu. Daging harus dimasak sampai benar-benar matang, bebas dari bakteri dan virus dan aman untuk dimakan.

Makanan yang Terlalu Manis

Konsumsi makanan dan minuman manis dapat menyebabkan diabetes. Usus buntu juga harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak gula.

Gula dapat menyebabkan diare dan memperburuk peradangan usus buntu. Sekali lagi, periksa label pada kemasan makanan untuk menentukan asupan gula harian Anda. Mulailah dengan mengurangi jumlah gula dalam minuman seperti teh dan kopi.

Alkohol

Alkohol tidak dianjurkan setiap hari jika Anda ingin menjalani gaya hidup sehat. Alkohol harus dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan saluran usus.

Alkohol telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti radang usus buntu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan