7 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Tanpa Kelaparan

7 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Tanpa Kelaparan
7 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Tanpa Kelaparan

Beritarahasia – 7 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Tanpa Kelaparan. Nafsu makan yang berlebihan seringkali membuat Anda ingin makan hingga merasa kenyang.

Tentu saja, makan berlebihan tidak sehat dan tidak boleh dibiarkan. Ada banyak cara untuk mengatasi nafsu makan yang berlebihan.

Bacaan Lainnya

Namun sebelum itu, mari kita cari tahu dulu apa penyebab nafsu makan berlebihan.

Penyebab nafsu makan meningkat

Mengutip laman Livestrong, ahli gizi Marlina Malkani dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan ada banyak alasan berbeda untuk makan berlebihan.

Setiap orang dapat dipengaruhi oleh pemicu yang berbeda. Umumnya:

Kebiasaan makan makanan dan minuman olahan

Makanan dan minuman olahan dalam kemasan rata-rata memiliki kandungan gula, garam, dan penambah rasa yang tinggi. Zat ini dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan setelah tertelan.

Selain itu, makanan olahan dan minuman kemasan tidak memberikan energi yang cukup bagi tubuh dan hanya menyebabkan lonjakan gula darah.

Melewatkan jam makan dan diet ekstrim

Nafsu makan yang berlebihan dapat dipengaruhi oleh diet yang ekstrim, jadi hanya makan dalam jumlah yang sedikit.

Jika Anda melewatkan waktu makan biasa dan makan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, kondisi ini justru merangsang keinginan yang tidak terkendali untuk makan lebih banyak.

Merasa stres

Stres emosional dan depresi secara tidak sadar dapat mempengaruhi perilaku makan.

Di bawah pengaruh stres dalam tubuh, nafsu makan meningkat, mengacaukan kerja ghrelin, hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, terganggu.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang kurang fokus seperti menonton TV, bermain gadget, atau mengobrol juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Cara mengatasi nafsu makan berlebihan

Seperti dilansir Healthline, berikut cara mengurangi nafsu makan berlebih agar bisa mengontrol diri lebih baik dan merasa kenyang lebih lama.

  1. Makan sesuai jadwal

Setiap orang makan secara berbeda. Idealnya, Anda harus makan tiga kali sehari: sarapan, makan siang, dan makan malam empat jam sebelum tidur.

Hal ini akan membuat perut Anda semakin kembung sehingga Anda bisa mencegah makan berlebihan, jadi usahakan makan di waktu yang tepat.

  1. Jangan makan terburu-buru

Makanan cepat saji dapat menyebabkan makan berlebihan, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Singkirkan kebiasaan buruk ini mulai sekarang.

Jika Anda makan perlahan, Anda akan merasa kenyang. Makanan padat harus dikunyah 32-33 kali, dan makanan lunak 20 kali.

  1. Makan Makanan Berserat Tinggi

Cara lain untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan adalah dengan meningkatkan asupan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan berserat tinggi merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang tidak makan serat sama sekali.

  1. Makan Makanan Tinggi Protein

Makanan berprotein tinggi membantu tubuh Anda merasa kenyang sepanjang hari, menahan keinginan untuk makan berlebihan.

Sumber protein seperti telur, yogurt, ikan, daging merah, dan kacang-kacangan dapat ditambahkan ke dalam diet harian Anda.

  1. Banyak minum air putih

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak minuman dan makanan manis dapat menyebabkan nafsu makan berlebihan.

Selain itu, risiko obesitas dan diabetes meningkat secara signifikan. Pastikan Anda mendapatkan cukup cairan setiap hari dengan minum banyak air nol kalori daripada minuman manis.

  1. Pembatasan minuman beralkohol

Menurut penelitian, jika Anda minum terlalu banyak alkohol, Anda akan merasa lapar dua kali.

Mengurangi atau membatasi minuman beralkohol Anda adalah solusi sederhana untuk mengontrol nafsu makan Anda dengan lebih baik dan menjaga asupan kalori harian Anda tetap stabil.

  1. Hindari stres

Untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan, Anda perlu menghindari segala sesuatu yang menyebabkan stres. Tujuannya adalah untuk mengendalikan keinginan makan, bukan karena lapar mata atau lapar emosional.

Gunakan praktik makan penuh perhatian yang melatih kesadaran penuh saat makan untuk membuat Anda lebih peka terhadap perasaan kenyang dan lapar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan