Beberapa Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus

Beberapa Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus

Beritarahasia.com – Beberapa Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus. Hai Kembali lagi bersama mimi. Mimi ingin membahas tentang Amnesia adalah kondisi saat seseorang yang juga tidak dapat membentuk ingatan yang baru atau mengingat sebagai pengalaman yang sangat lama. Amnesia ini sebenarnya pada umumnya yang terjadi secara tiba-tiba dan memiliki penyebab yang sangat jelas. Sementara itu, jenis kehilangan memori lainnya, seperti demensia, sering berkembang lebih bertahap.

Beberapa Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus

Amnesia juga dapat bersigat yang sementara atau permanane dan seseorang mungkin mengalami kehilangan ingatan sebagai atau seluruhnya. dengan penyakti yang akan membuat orang lupa dengan segalanya adalah namanya Amnesia Retrograde, sedangkan orang yang tidak dapat membentuk ingatan baru disebut amnesia anterograde.

Cedera otak traumatis

Cedera otak traumatis atau traumatic brain injury (TBI) dapat terjadi saat kepala terbentur, tersentak, atau dipukul yang menyebabkan kerusakan otak. Menurut American Academy of Neurological Surgeons, TBI paling sering terjadi pada lansia di atas usia 75 tahun, anak-anak yang sangat muda, dan usia 15 hingga 24 tahun. Salah satu bentuk TBI yang ringan adalah gegar otak.

Perawatan untuk TBI didasarkan pada seberapa parah cedera yang dialami. Untuk gegar otak, pasien mungkin diminta untuk beristirahat dan menjalani terapi. Amnesia mungkin akan membaik dengan tindakan ini. Sementara, untuk kasus TBI yang parah, pasien mungkin memerlukan obat dan perawatan untuk mengatasi kejang dan pendarahan di otak, atau pembedahan.

Ensefalitis virus

Ensefalitis adalah iritasi dan peradangan pada otak. Jenis ensefalitis yang paling berbahaya disebabkan oleh infeksi virus, umumnya virus herpes simpleks. Virus lain, seperti virus West Nile, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, juga dapat menyebabkan ensefalitis.

Infeksi virus dapat merusak bagian otak, yang disebut lobus temporal, yang bertanggung jawab atas memori. Karenanya, ensafalitis berisiko tinggi menyebabkan kehilangan memori dan kejang.

Pengobatan ensefalitis virus melibatkan pemberian obat antivirus seperti asiklovir yang diberikan melalui infus. Namun, menurut Encephalitis Society, meski telah diobati, risiko kematian akibat ensefalitis virus bisa mencapai 20 persen.

Kejang

Dengan kejang yang akan terjadi pada dengan akibat gangguan listrik yang tiba-tiba dan tidak bisa di terkendali di dalam otak tersebut. Kejang yang akan dapat menyebabkan perubahan perilaku, gerakan, perasaan, dan kesadaran.

Orang yang kejang juga sering kali tidak ingat apa yang terjadi saat, sebelum, atau setelah peristiwa kejang. Orang yang akan pernah mengalami cedera otak, stroke, dan riwayat keluarga kejang yang memiliki risiko sangat tinggi untuk mengalami kejang. Jika dengan seseorang akan didiagnosis mengalami kejang, dokter akan memberikan anti kejang, seperti levetiracetam.

Sindrom Wernicke-Korsakoff

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, ensefalopati Wernicke adalah gangguan otak yang degeneratif yang akan disebabkan karena defisiensi tiamina atau vitamin B1. Kekurangan vitamin B1 ini akan memicu pada kerusakan pada talamus dan hipotalamus otak. Gejalanya juga meliputi kebingungan mental, masalah penglihatan, koma, hipotermia, tekanan darah yang rendah, dan kurangnya koordinasi otot.

Oleh karena itu, sindrom Korsakoff atau yang juga biasa yang disebut sindrom amnesia Korsakoff adalah gangguan pada memori sebagai akibat dari kekurangan vitamin B1 dan berhubungan dengan alkoholisme. Orang dengan sindrom Korsakoff mengalami kerusakan pada sel-sel saraf dan sel-sel pendukung di otak dan sumsum tulang belakang, serta bagian otak yang terlibat dengan memori. Gejalanya akan meliputi amnesia, tremor, koma, disorientasi, dan masalah penglihatan tersebut.

Nah, demikian lah beberapa penyebab Amnesia yang perlu dan wajib kalian ketahui. semoga bermanfaat, sekian dari mimi (Terima kasih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan