Pengertian Apa itu Otomotif Dan Perkembanganya

Pengertian Apa itu Otomotif

Beritarahasia.com¬†–¬†Pengertian Apa itu Otomotif. Hai kali ini mimi ingin membahas apakah itu otomotif, tentu sudah sangat familiar dengan istilah otomotif, terutama saat sedang mencari informasi yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Namun, apakah otomotif memang berhubungan dengan kendaraan bermotor? jika ingin tahu lebih silahkan simak di bawah ini.

Pengertian Apa itu Otomotif

Setelah sudah mengetahui apa itu otomotif, penting pula untuk kalian ketahui bahwa otomotif itu sebagai ilmu memiliki beberapa cabang tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, cabang ilmu otomotif pun terus berkembang. Berikut adalah beberapa cabang ilmu otomotif yang ada saat ini sekarang:

  1. Perencanaan (product design)

Cabang ilmu otomotif satu ini untuk mempelajari tentang rancangan kendaraan bermotor tersebut, biasa di mulai dari perumusan gagasan, bagaimana kendaraan tersebut diproduksi nantinya, cara kerja, hingga upaya untuk merealisasikan gagasan dalam hal tersebut.

  1. Pengembangan (development)

Selanjutnya ada berbagai cabang perencanaan. biasanya pada cabang ini, perencanaan yang telah disusun akan dikembangkan agar kendaraan tetap sesuai dengan prosedur keamanan, kenyamanan, dan bahkan tingkat efisiensinya pun wajib harus diperhatikan.

  1. Produksi (manufacture)

dari cabang produksi menitikberatkan pada cara pembuatan kendaraan bermotor tersebut, lengkap dengan metode perakitannya hingga akan menjadi sebuah kendaraan yang dapat berfungsi.

  1. Perawatan (maintenance)

Perawatan juga biasa termasuk dalam apa itu otomotif dan cabang ilmunya. Sesuai juga dengan namanya, cabang perawatan berkonsentrasi pada teknik-teknik perawatan kendaraan bermotor yang biasanya sudah ada, baik itu melalui kontrol mesin maupun penggantian suku cadang tersebut.

ingin lebih spesifik lagi, tentang apa itu otomotif juga ada yang membahas tentang kendaraan roda empat. Bidang tersebut sering disebut dengan otomotif mobil. Teknik otomotif pada mobil mempelajari keseluruhan sistem yang ada pada mobil, yang di antaranya:

  • Mesin (termasuk di dalamnya mesin pembakaran dalam, sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem pemasukan dan pembuangan udara, sistem pelumasan, sistem keseimbangan roda, serta sistem pendinginan)
  • Pemindah daya (termasuk di dalamnya sistem transmisi dan rangkaian penggerak)
  • Sistem kemudi (steering system)
  • Sistem suspense (suspension system)
  • Sistem pengereman (brake system)
  • Sistem kelistrikan (electrical system)
  • Bodi mobil

Sistem tersebut akan dibagi menjadi beberapa kategori spesifik. Pembagian kategori pada teknik otomotif mobil biasanya disesuaikan dengan komponen pendukung mobil. Berikut adalah beberapa kategori pada otomotif mobil:

  1. Blok silinder

Blok silinder juga salah satu merupakan komponen dasar mesin mobil tersebut. Komponen inilah yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin mobil. Mengingat betapa pentingnya peran blok silinder pada mesin mobil, maka tidak mengherankan jika blok silinder menjadi kategori penting dalam bidang otomotif mobil maupun kendaraan lainnya.

  1. Piston

Berikutnya ada yang biasa di sebut sejenis piston. Piston, atau terkadang disebut torak, bekerja ibarat salah satu jantung mobil. Mengapa demikian? Sebab, piston mengubah energi pembakaran menjadi energi mekanik. Konversi energi inilah yang akhirnya menggerakkan sebuah mesin mobil tersebut.

Itu saja pembahasan mimi kali ini, Semoga dengan pembahasan kali ini bisa membantu kalian menjawab pertanyaan tentang otomotif. sekian dari mimi (Terima kasih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan